Skip to main content

Tugas Tambahan: VIRA BCA Chatbot

Tugas Tambahan: VIRA BCA Chatbot


Nama: Aulia Eka Putri Aryani
NRP: 05111940000044
Kelas: RK-D

Pembahasan

Setelah dapat diakses melalui LINE, Facebook Messenger, dan Kaskus Chat, VIRA (Virtual Assistant Chat Banking BCA) kini juga hadir di Asisten Google. Vira bisa membantu nasabah BCA dalam mengetahui informasi dan promosi seputar BCA dan transaksi terkait. 

Organization Chart

Organization chart merupakan diagram yang menjelaskan struktur internal perusahaan, mulai dari peran, tanggung jawab, hingga hubungan antar individu dalam suatu lembaga atau organisasi. Berikut adalah organization chart dari PT. BCA.

Use Case Diagram

Use case diagram adalah diagram yang menggambarkan hubungan interaksi antara sistem dan aktor. Berikut adalah use case diagram untuk VIRA chatbot.

Use Case Specification

Adapun  spesifikasi untuk masing-masing use case pada VIRA chatbot adalah sebagai berikut.

1. Melakukan Login Rekening

2. Mengecek Saldo Rekening

3. Mengecek Data Mutasi Rekening

Use Case Scenario

VIRA merupakan sebuah layanan perbankan berbasis chat. Nasabah melakukan inisiasi layanan dengan mengirimkan chat awal dan memilih menu yang dibutuhkan. Apabila nasabah ingin melihat data rekening, layanan VIRA mewajibkan nasabah untuk mendaftarkan rekening melalui VIRA. Selanjutnya, layanan VIRA akan menampilkan form dan nasabah memasukkan nomor rekening dan nomor HP. Apabila nomor rekening dan nomor HP sesuai, layanan VIRA akan mengirimkan OTP kepada nasabah. Selanjutnya, nasabah akan memasukkan OTP dan layanan VIRA akan memproses login yang dilakukan nasabah. Setelah login, nasabah dapat mengakses menu-menu layanan VIRA. Apabila nasabah akan mengecek saldo, nasabah dapat menekan menu yang sesuai dan VIRA akan mengirimkan chat berupa data saldo. Apabila nasabah ingin mengecek data rekening, nasabah dapat menekan menu dan VIRA akan mengirimkan chat berisi mutasi rekening empat transaksi terakhir.

Activity diagram

Activity diagram untuk masing-masing use case adalah sebagai berikut.

1. Melakukan Login Rekening

2. Mengecek Saldo Rekening

3. Mengecek Data Mutasi Rekening

User Interface Flow Template

Adapun user interface flow dari VIRA chatbot adalah sebagai berikut.

Decision Tree

Decision tree adalah model prediksi menggunakan struktur pohon yang digunakan untuk memprediksi/mengklasifikasi aksi pengguna. Adapun decision tree untuk VIRA chatbot adalah sebagai berikut.

Data Flow Diagram

Data Flow Diagram adalah diagram yang menggambarkan aliran data dari sebuah proses (sistem informasi). Data flow diagram menyediakan informasi mengenai input dan output dari tiap entitas dan proses itu sendiri. Adapun data flow diagram untuk VIRA chatbot adalah sebagai berikut.

State Diagram

State diagram adalah diagram yang digunakan untuk medeskripsikan perilaku sistem. State diagram mendeskripsikan semua kondisi yang mungkin muncul dalam suatu use case (proses). Adapun state diagram untuk VIRA chatbot adalah sebagai berikut.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 4: Membuat Website Katalog Produk dengan CSS

Tugas 4: Membuat Website Katalog Produk dengan CSS Nama: Aulia Eka Putri Aryani NRP: 05111940000044 Kelas: PWEB-B Pembahasan Pada pertemuan PWEB terakhir kali, saya diminta untuk membuat website yang berisi katalog produk dengan menggunakan CSS yang telah dipelajari.  Sama seperti tugas-tugas sebelumnya, saya memanfaatkan Github Pages untuk meng- host  halaman web ini, dimana  default  domain yang digunakan adalah github.io.  Berikut adalah tampilan dari website yang telah saya buat. Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada link berikut . Tampilan Website Konten website yang saya buat adalah beranda dari website. Saya membagi beranda menjadi 3 div utama, yaitu div yang berperan sebagai header, main, dan footer. Pada div header saya meletakkan logo, kolom pencarian, akun,  wishlist ,  bag , serta navigasi yang yang terdiri dari beranda, layanan pelanggan

Tugas 6: Membuat Website dengan Bootstrap

 Tugas 6: Membuat Website dengan Bootstrap Nama: Aulia Eka Putri Aryani NRP: 05111940000044 Kelas: PWEB-B Pembahasan Pada pertemuan PWEB minggu lalu, saya diminta untuk membuat website yang berisikan form login, kontak, dan carousel dengan menggunakan bootstrap. Dalam pembuatan website ini, saya mengimplementasikan HTML, CSS, JavaScript, dan Bootstrap yang telah dipelajari sebelumnya, serta memanfaatkan Github Pages untuk meng-host website ini. Adapun konten dari website yang saya buat adalah sebagai berikut. Home, yang berisikan navigation, carousel, dan footer Contact, yang berisikan navigation, map, informasi kontak, form kontak, dan footer Modal Login, yang berisikan form login yang dilengkapi dengan bootstrap alert danger apabila terdapat kolom yang kosong atau alert success apabila login berhasil Berikut adalah tampilan dari website yang telah saya buat. Untuk lebih Jelasnya dapat diak

Tugas 3: Analisis Kegagalan RE Process melalui Film Dokumenter Downfall

Tugas 3: Analisis Kegagalan RE Process melalui Film Dokumenter Downfall Nama: Aulia Eka Putri Aryani NRP: 05111940000044 Kelas: RK-D Pembahasan MCAS (Maneuvering Characteristics Augmentation System) MCAS (Maneuvering Characteristics Aug mentation System) merupakan sistem baru yang dikembangkan oleh Boeing Company melalui Pesawat Boeing 737 Max. MCAS didesain untuk menurunkan hidung pesawat  secara otomatis   ketika  sudut serang ( angle-of-attack ) terlalu besar.  Ia memanfaatkan motor Speed Trim untuk memutar stabilisator horizontal ( h orizontal stabilizer )  setiap kali angle-of-attack yang  terlalu besar terdeteksi.  Hal ini dilakukan untuk mencegah pesawat berada dalam kondisi  stall – kondisi dimana koefisien angkat yang dihasilkan oleh foil (sayap dalam pesawat)  berkurang atau hilangnya  karena  angle-of-attack  yang terlalu besar . Namun, apabila sensor  angle-of-attack ,  sensor yang terletak pada kedua sisi