Skip to main content

Tugas Tambahan: VIRA BCA Chatbot

Tugas Tambahan: VIRA BCA Chatbot


Nama: Aulia Eka Putri Aryani
NRP: 05111940000044
Kelas: RK-D

Pembahasan

Setelah dapat diakses melalui LINE, Facebook Messenger, dan Kaskus Chat, VIRA (Virtual Assistant Chat Banking BCA) kini juga hadir di Asisten Google. Vira bisa membantu nasabah BCA dalam mengetahui informasi dan promosi seputar BCA dan transaksi terkait. 

Organization Chart

Organization chart merupakan diagram yang menjelaskan struktur internal perusahaan, mulai dari peran, tanggung jawab, hingga hubungan antar individu dalam suatu lembaga atau organisasi. Berikut adalah organization chart dari PT. BCA.

Use Case Diagram

Use case diagram adalah diagram yang menggambarkan hubungan interaksi antara sistem dan aktor. Berikut adalah use case diagram untuk VIRA chatbot.

Use Case Specification

Adapun  spesifikasi untuk masing-masing use case pada VIRA chatbot adalah sebagai berikut.

1. Melakukan Login Rekening

2. Mengecek Saldo Rekening

3. Mengecek Data Mutasi Rekening

Use Case Scenario

VIRA merupakan sebuah layanan perbankan berbasis chat. Nasabah melakukan inisiasi layanan dengan mengirimkan chat awal dan memilih menu yang dibutuhkan. Apabila nasabah ingin melihat data rekening, layanan VIRA mewajibkan nasabah untuk mendaftarkan rekening melalui VIRA. Selanjutnya, layanan VIRA akan menampilkan form dan nasabah memasukkan nomor rekening dan nomor HP. Apabila nomor rekening dan nomor HP sesuai, layanan VIRA akan mengirimkan OTP kepada nasabah. Selanjutnya, nasabah akan memasukkan OTP dan layanan VIRA akan memproses login yang dilakukan nasabah. Setelah login, nasabah dapat mengakses menu-menu layanan VIRA. Apabila nasabah akan mengecek saldo, nasabah dapat menekan menu yang sesuai dan VIRA akan mengirimkan chat berupa data saldo. Apabila nasabah ingin mengecek data rekening, nasabah dapat menekan menu dan VIRA akan mengirimkan chat berisi mutasi rekening empat transaksi terakhir.

Activity diagram

Activity diagram untuk masing-masing use case adalah sebagai berikut.

1. Melakukan Login Rekening

2. Mengecek Saldo Rekening

3. Mengecek Data Mutasi Rekening

User Interface Flow Template

Adapun user interface flow dari VIRA chatbot adalah sebagai berikut.

Decision Tree

Decision tree adalah model prediksi menggunakan struktur pohon yang digunakan untuk memprediksi/mengklasifikasi aksi pengguna. Adapun decision tree untuk VIRA chatbot adalah sebagai berikut.

Data Flow Diagram

Data Flow Diagram adalah diagram yang menggambarkan aliran data dari sebuah proses (sistem informasi). Data flow diagram menyediakan informasi mengenai input dan output dari tiap entitas dan proses itu sendiri. Adapun data flow diagram untuk VIRA chatbot adalah sebagai berikut.

State Diagram

State diagram adalah diagram yang digunakan untuk medeskripsikan perilaku sistem. State diagram mendeskripsikan semua kondisi yang mungkin muncul dalam suatu use case (proses). Adapun state diagram untuk VIRA chatbot adalah sebagai berikut.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 9: Implementasi Query dan Storage

Tugas 9: Implementasi Query dan Storage Nama: Aulia Eka Putri Aryani NRP: 05111940000044 Kelas: PWEB-B Pembahasan Melanjutkan website pendaftaran siswa pada  tugas sebelumnya , kali ini saya diminta untuk menambahkan fitur upload foto pada formulir pendaftaran dan menampilkannya pada data pendaftar. Untuk pengaplikasiannya, foto disimpan pada folder image dan database akan menyimpan nama file tersebut. Untuk menghindari penamaan file yang sama, tanggal upload foto  akan ditambahkan pada nama file yang ingin disimpan tersebut. Adapun tampilan dari website pendaftaran siswa yang saya buat dapat dilihat pada gambar-gambar di bawah ini. Tampilan Home Tampilan Formulir Pendaftaran Tampilan Pendafta

Tugas 3: Analisis Kegagalan RE Process melalui Film Dokumenter Downfall

Tugas 3: Analisis Kegagalan RE Process melalui Film Dokumenter Downfall Nama: Aulia Eka Putri Aryani NRP: 05111940000044 Kelas: RK-D Pembahasan MCAS (Maneuvering Characteristics Augmentation System) MCAS (Maneuvering Characteristics Aug mentation System) merupakan sistem baru yang dikembangkan oleh Boeing Company melalui Pesawat Boeing 737 Max. MCAS didesain untuk menurunkan hidung pesawat  secara otomatis   ketika  sudut serang ( angle-of-attack ) terlalu besar.  Ia memanfaatkan motor Speed Trim untuk memutar stabilisator horizontal ( h orizontal stabilizer )  setiap kali angle-of-attack yang  terlalu besar terdeteksi.  Hal ini dilakukan untuk mencegah pesawat berada dalam kondisi  stall – kondisi dimana koefisien angkat yang dihasilkan oleh foil (sayap dalam pesawat)  berkurang atau hilangnya  karena  angle-of-attack  yang terlalu besar . Namun, apabila sensor  angle-of-attack ,  sensor yang terletak pada kedua sisi

Tugas 1: Identifikasi Kebutuhan pada Studi Kasus

 Tugas 1 : Identifikasi Kebutuhan pada Studi Kasus Nama: Aulia Eka Putri Aryani NRP: 05111940000044 Kelas: RK-D Pembahasan 1. Deskripsikan aplikasi parkir Aplikasi Transaksi Parkir Non Tunai merupakan aplikasi parkir terintegrasi yang dikembangkan oleh Liquid Parking Technology dengan tujuan untuk mempermudah sistem ticketing dan pembayaran parkir. Pengguna dapat memasuki area parkir dengan menggunakan sistem ticketing otomatis yang mendeteksi plat nomor kendaraan pengguna. Teknologi yang digunakan untuk mendeteksi  plat nomor kendaraan pengguna adalah  LPR (License Plate Recognition) atau ANPR (Automatic Car Number Plate Recognition). Setelah  plat nomor kendaraan terdeteksi sistem, pengguna dapat mengambil karcis parkir yang telah dicetak sistem dan memasuki area parkir yang telah dibuka. K arcis parkir  memuat informasi seperti nomor karcis, plat nomor kendaraan pengguna yang terdeteksi, waktu masuk parkir, dan barcode  karcis. Untuk dapat keluar dari area parkir, pengguna harus me